web analytics
Press "Enter" to skip to content

Membuat Gulungan Pada Foto ( Peeling )

Sigit Eko 130

Diposting tepat pada Tanggal unik : 090909  (09 Sept 2009)

Sebelumnya saya ingetin dulu buat yang baru belajar photoshop atau baru mengenal Adobe photoshop, silahkan baca-baca dulu teori dasar photoshop, jadi nanti gak ada pertanyaan yang sangat dasar sekali seperti “gimana cara seleksinya ? gimana cara hapus nya?” dll. Oke? Deal ya..  hehehe..

Sebenernya udah dari dulu pengen posting tutorial yang membuat gulungan di foto dengan Adobe photoshop ini. Kayaknya sudah pada bisa.. tapi gak apa-apa, yang belom bisa juga pasti banyak.. hehehe..  Maksudnya tutorial photoshop ini adalah membuat semacam gulungan di pojokan foto.

Langsung aja ..

Buka file foto yang mau di edit.

Foto Pemandangan di Pandeglang
Foto Pemandangan di Pandeglang

Saya pake foto objek wisata di pandeglang yang sebelumnya sudah saya kupas dikit di artikel ” Kenali dan Kunjungi Objek wisata di Pandeglang ” .. Kalo ada yang mau kesana, ajak-ajak ya.. hehehe.

Duplikat layer gambar dengan menekan CTRL + J .. dan Tekan tombol D untuk mendefault kan foreground (hitam)dan background color (putih) .. Lalu tekan CTRL + Backspace sehingga  layer background jadi berwarna Putih.

peel2

Buat layer baru, buat segitiga seperti gambar (untuk lipatannya) dengan rectangle marquee tool. warnai dengan warna apa aja. saya pake default nya aja, pake hitam.

peel3

Sekarang buat lingkaran seperti gambar dengan elliptical marquee tool lalu tekan DELETE. (Supaya lipatannya keliatan real )

peel4

Klik 2x layer 2 atau klik kanan > Blending Options setting seperti dibawah

peel5

Setelah menggunakan gradient Overlay, sekarang gunakan  Drop Shadow, setting seperti dibawah :

peel6

Hasil setelah dikasih efek

peel7

Sekarang hapus bagian luar foto dengan Eraser Tool

peel8

Hasil Akhirnya :

peel9

Contoh lipatan dipojok yang lain

Catatan : untuk di pojokan lain , tinggal ubah-ubah aja arah sudut waktu ngasih Gradient Overlay.

pandeglang

Semoga tutorial ini bermanfaat..

Selamat Mencoba ..  dan Stop dreaming start action

  1. Asni Asni

    Sorry mas, setelah aq tekan ctrl J dan tombol D ,

    ctrl+backspace, jadinya di layer koq nampak terbalik dgn yang di totorialnya,,,,,,,,,,,

  2. Elisa Elisa

    Btw, kamu pake adobe photoshop yg versi brp??? PunyaQ v. CS. Nah, aq kn pemula, kurasa Adobe Photoshop yg ku pake lmyn sulit. Kali ajh klo aq pake DP yg u pake, bsa lbh gmpang ::)

  3. sekedar share mas, di software seperti ulead photoimpact ada menu yang menyediakan efect gulungan seperti ini mas,sehingga lebih simple dan praktis,
    kalau di photoshop sendiri apakah harus manual seperti ini mas ?
    terimakasih,

  4. menurut mas sigit , klo buat pemula lebih baik pke adobe cs2 or cs3 ?

  5. giman caranya buat objek bagian tertentu kita naikan atau turunkan intensitas pencahayaannya? kita buat seleksi dengan mask, misal wajah 2 pasang manten diantara 4 orang yang foto bersama. tombol apa yang kita pakai, bisa dijelaskan dengan tutorial, terima kasih ilmunya, broo..

  6. fyan fyan

    thank you for the article …. It turns out I was looking for a jga of science ….. may be useful for all, thanks a lot …..!!!! mas there was another article …???

  7. baguss…bagusss…..

  8. jogank jogank

    lmayaaaannn mas..
    heheheh

  9. Irfan Irfan

    maaf mas sigit kl mw ngsih bayangan pd gulungan gimana ?

  10. thank’s tutornya mas..moga jadi amal dan berkah…sangat membantu saya yang masih newbie dalam photoshop…setelah baca tutorialnya mendapat pencerahan,meskipun masih belajar…ditunggu share ilmu mas selanjutnya..thank’s be for all……

  11. makasih atas ilmu photoshop-nya.., aku sangat hoby dengan utak-atik photo. banyak ilmu yang aku dapatkan dari web ini.., boleh ng minta soptware photoshop-nya? tapi yang gratis, he,he…, makasih sebelumnya… moga tambah sukses..

  12. ramons ramons

    mang …cara bikin setingan blending option ghman ya,,??? klik kanan di layer trus blending option,,kok gak muncul kayak contohnya ya,,,

  13. zaman zaman

    manteb deh pkoknya..

    matur nuwun kang

  14. eirin eirin

    thanks tutornya mas, aku baru belajar photoshop nih..^-^
    aku nyoba latihan bikin peeling ini kok ga nemu yg namanya rectangle marquee tool di toolbox-ku ya??adanya rectangular marquee tool yg bentuknya segiempat, trus aku harus cari dmn rectangle toolnya?? btw aku pake CS3.
    makasih..

  15. zeroo zeroo

    permisi mas..
    numpan nanya niihh..
    saya kan pake yg cs5,,
    apa semua toolnya tetep ??
    saya agak bingung ni nyarinya..
    maklum newbie bgt..
    jd belum tau apa..
    tolong petunjuknya..

  16. @zero : aku sendiri newbie nih kalo cs5 hehehe.. cs 4 aja blom ngerasain.. 😀

  17. QinKool QinKool

    aku pake cs4 nih, trus kalo pake rectangle marquee tool gimana caranya biar bs jd segitiga kayak di gambar? susah bgt…. maklum newbie >_<

  18. alfian alfian

    salah satu postingan yg aq suka mas, tks

  19. letnankimi letnankimi

    Keren Kak, tapi yang bagian lipatan itu koq ada kayak shadownya gimana caranya? :malu:

  20. ipah ipah

    ih, di salah satu postingan yang efek ekstrimtapi nice .. kan ada yang suruh select trus invers .. kenapa aku mah gak bisa di klik inversnya .. mohon bantuannya ..

    trus yang untuk polar efek untuk memperbesar gambar yang udah di krop gimana ??? mohon bantuannya ..

  21. supri supri

    CTRL + Backspace

  22. supri supri

    maaf tolong di jelaskan

  23. love image love image

    mas, saya pake rectangular marque tool kok cuma bisa kotak??? ga segitiga? itu jg simbolnya bukannya POLYGONAL LASSO TOOL??? mohon dijelaskan… mksh…

  24. bagus mas…. pacarku mau tak gulung….

  25. Jaka Swara Jaka Swara

    Masih terkesan kasar boss lipatan foto di atas, kurang natural. Tp lumayan utk yang lagi belajar spt aq.

  26. mas sy pasang di blog ana, jazakumullah semua ilmunya ….

  27. Nggak jadi”, apa karena aku memakai Adobe Photoshop CS 8 ya?

  28. keren abiz gan, ane jdi pngen nyoba nih, trima kasih ye tuk ilmu nye, sukses trus gan, and bkin artikel yg bru lgi, tntu’a yg mnarik, bagus and keren abiz…. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *