Cara Membuat EFEK Puzzle Pada Foto dengan Adobe Photoshop

Posted on

Pembuatan Efek Puzzle di Photoshop sebenernya gampang banget.. karena untuk puzzle nya sendiri menggunakan Template atau texture yang sudah ada dan bisa didownload.

Sekarang silahkan download dulu Texture Puzzle nya DI SINI

Tekniknya sendiri kebanyakan penggunakan PEN TOOL dan permainan Layer aja.

yang udah download texture nya silahkan di extract dan simpen..

Pertama buka foto yang mau di bikin puzzle.. Saya pake foto film Deadpool

puzzle photoshop 1

Kalo mau sama silahkan pake foto ini : Klik dulu untuk memperbesar lalu download.

deadpool

langkah pertama duplikat layer background dengan menekan CTRL + J

puzzle photoshop2

Klik Filter > Texture > Texturizer

puzzle photoshop3

Sekarang kita LOAD texture puzzle yang sudah didownload tadi.. caranya :

Di Windows Texturizer ada panah kecil seperti tombol play .. Klik disitu.. nanti muncul tombol Load Texture

Klik..

puzzle photoshop4

cari file texture puzzle tadi.. (formatnya .PSD ya..)  pilih dan open

puzzle photoshop5

Perhatikan settingan di Texturizer

puzzle photoshop4

Ini tergantung gambarnya nya.. kalo gambar nya kecil, tinggal kecilin aja scaling nya.. kalo sudah klik OK

Sekarang kita buat layer baru diantara Layer background dan layer duplicate background nya..

Klik layer background nya.. Klik tombol Add New layer.. yang ada dibawah jendela Layer.

puzzle photoshop7

Lalu layer baru tadi warnai dengan Putih menggunakan Paint Bucket tool

Sekarang bagian tersulitnya nih.. hehe..

Gunakan PEN Tool untuk menyeleksi kepingan PUZZLE nya…

Perhatikan Options PEN Tool seperti di gambar :

puzzle photoshop8

Masih di Pen TOol atau bisa juga klik Direct Selection Tool .. klik kanan di Hasil seleksi nya > Make Selection

puzzle photoshop9

di jendela Make selection tulis 0 di Feather Radius..

puzzle photoshop10

Hasilnya gini nih nanti :

puzzle photoshop11

Klik layer > NEW > layer via CUT..

Artinya kita membuat layer baru dengan hasil CUT dari Layer 1.

puzzle photoshop12

Sekarang terbentuk layer baru (layer 3) hasil cut tadi : puzzle photoshop13

Seleksi dari gambar asli tadi udah terpotong karena kita CUT.. lain lagi kalo pake COPY..

Pindahkan kepingan Puzzle tadi .. terserah aja mau disimpen dimana atau diputer kayak gimana… bebas..

puzzle photoshop14

Kita beri efek Drop Shadow biar keliatan lebih 3 dimensi.

Klik kanan di layer 3 > Blending Options ikutin aja ya settingan nya.. Kalo mau coba-coba.. silahkan aja..

puzzle photoshop15

Hasilnya gini nih :

puzzle photoshop16

kan sekarang udah tau caranya bikin kepingan puzzle nya lepas.. coba bikin beberapa kepingan lagi.. random aja..

puzzle photoshop17

Sekarang kita buat Background nya menjadi 3 dimensi ..

Klik kanan di Layer 1 > Blending Options

puzzle photoshop18

kalo sudah klik OK

Kan ini gambarnya dominan terang .. kita bikin background putihnya dirubah jadi coklat muda menggunakan paintbucket tool

puzzle photoshop19

Hasilnya adalah :

puzzle photoshop20

Selamat Mencoba … Happy Weekend..


MAU COPY ARTIKEL INI DI BLOG KAMU?

*Silahkan Copy paste code diatas
Gravatar Image
Tutorial adobe photoshop ini buat siapa aja dan dipublikasikan secara gratis.. kalau mau menyebarluaskan tutorial ini di blog atau website, harap tulis nama penulisnya atau link ke www.ilmuphotoshop.net ... Thx 4 visit

14 thoughts on “Cara Membuat EFEK Puzzle Pada Foto dengan Adobe Photoshop

  1. nice gan ,sangat membantu seekalee ,ada trik edit lain nggak?misal sebuah foto dikasih effek daun jatuh / ap gttu gan? makasih ilmunya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *